Berorganisasi Itu Penting


Dalam hidup sehari-hari sering kita melakukan aktivitas hidup yg dilakukan secara sendiri. Ternyata hasilnya tidak maksimal sebagaimana yg diharapkan. Mengapa terjadi demikian, bekerja sendiri akan memakan banyak waktu, pikiran dan  juga tenaga. Jangankan melakukan pekerjaan yang cukup besar dan mungkin tidak sebentar, untuk melakukan makan sepiring nasi  saja apa bila dilakukan hanya dengan satu jari tentu tidak akan bisa, harus dibantu dengan jari jari yang lain. Demikian juga dalam menjalankan organisasi baik yang bergerak sosial, ekonomi, politik dll bisa dipastikan mbutuhkan orang lain.
 Perlu dipahami juga bahwa setiap organisasi ada yang namanya nafas (jawa : nyawa) sebagai organ yg paling vital diantara organ yg lain. Yang dimaksud nafas disini adalah pendanaan atau dana yang menentukan hidup dan matinya suatu organisasi. Tanpa organ ini mustahil suatu organisasi apapun sifat, jenis, bendera, serta siapapun nakodanya dapat dipastikan tidak bisa eksis. Karena apa, bahwa setiap kali suatu organisasi melakukan tugasnya dapat dipastikan melibatkan pos pendanaan yang besar kecilnya tergantung jenis kegiatan dan anggaran. Oleh karena siapapun yang ingin terjun dalam organisasi apapun bidangnya inilah saatnya kita saling belajar bersama agar dalam berorganisasi sebisa mungkin memahami betul eksistensi berorganisasi.
Disisi yang lain organisasi juga harus memiliki organ pendukung yang bersifat normatif sebagai penyempurna dalam menjalankan suatu organisasi yang meliputi sumber daya manusia (SDM). Semoga dengan sedikit gambaran artikel ini bisa menjadi bekal untuk sahabat muda khususnya dan menambah wawasan kita semua. Salam inspirasi dan tetap semangat dalam mengabdi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELACAKAN PENANGGALAN JAWA

Penanggalan Online Ki-demang.com : Sutresna Jawa...