Identifikasi (mengenali) Masalah



Masalah sejatinya adalah teman terbaik manusia, bersamanya manusia menjadi mengetahui tentang segala hal yang tidak dipahami sehingga manusia  mengetahui akan kesalahan dan kekeliruan.

Sahabat dan kerabat muda dimanapun anda berada semoga kebahagiaan dan kesejahteraan selalu menghamprinya.
Bagi para pemuda yg tengah melakukan aktivitas baik dalam bidang bisnis, pertanian, peternakan, otomotif, sosial, politik,jasa dll tentu saat ini merupakan saat tepat untuk belajar memahami bagaimana mengidentifikasi (mengenali) suatu masalah. Identifikasi masalah sungguh penting didalam kehidupan sehari-hari. Bukan saja bagi kalangan akademisi, pegawai, pebisnis, petani, buruh, sampai dengan tukamg Bakso sekalipun, namanya identifikasi masalah pasti dibutuhkan. Sebetulnya identifikasi masalah sudah dijalankan bukan saja oleh orang yg sudah terbiasa dengan berbagai kesibukan di kantor saja, namun ketahuilah bahwa hampir semua orang hidup sudah pasti memiliki masalah. Nah yg membedakan terletak pada kadar atau bobot masalah itu sendiri.  Umpamanya, masalah seorang pedagang pakaian akan berbeda dengan masalah seorang pedagang Bakso. Akan tetapi agar semua masalah bisa diselesaikan dengan lebih efektif serta efisien maka harus dibutuhkan suatu cara untuk mempermudah mengenali masalah yg sedang dihadapi.
 Agar ada gambaran bahwa apa itu identifikasi marilah kita sama2 simak contoh atau kasus dibawah ini.
Contoh identifikasi seorang pedagang pakaian,
Masalah : stok pakaian habis,
- kapan harus belanja
- dimana lokasi belanja
- naik apa untuk belanja
- bagaimana pembayarannya (cash, credit, giro, tranfer dll)
- bagaimana pengirimannya (dibawa sendiri, jasa ekspedisi dll)
- alamat pengiriman
- lewat expedisi apa (Tiki, JNE, Pos, Elteha, Kobra dll)
- siapa yg menerima barang
- disimpan dimana
- kapan harus dijual
- dll
Demikian juga masalah yg dialami pedagang Bakso misalnya, bila habis dagangannya,
- harus pergi ke pasar
- jam berapa berangkat
- bahan apa saja yg harus dibeli (daging, terigu, aci, mi, sawi, timun, daun bawang,  garam, lada, bawang, munyak dll)
- kapan harus dimasak
- kapan harus selesai
- kapan harus dijual
- dimana titik lokasi jualan
- dll

Masalah dan kesusahan adalah dua hal yang menjadikan kehidupan ini unik dan menarik.
Dengan mengenali berbagai masalah yg ada secara langsung, segalanya akan terekam dalam pikiran kita. Selanjutnya kerjakan masalah yg paling utama diantara yg terutama. Tentu hasilnya dalam arti waktu dan energi jauh lebih praktis ketimbang bertindak secara biasa-biasa saja.
Itu baru masalah kehabisan barang dagangan/bahan, belum masalah yg lain. Sementara hampir semua orang dapat dipastikan memiliki masalah pribadi, hubungan dagang, utang piutang, anak, biaya sekolah, belum lagi urusan keluarga. Pendek kata identifikasi masalah itu mutlak dibutuhkan.
Kesimpulan : identifikasi (mengenali) suatu masalah sangat dibutuhkan dalam hidup sehari-hari oleh semua orang agar apa yg menjadi tujuannya cepat ditangani tanpa harus mengabaikan masalah yg lainnya.
Salam inspirasi untuk semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELACAKAN PENANGGALAN JAWA

Penanggalan Online Ki-demang.com : Sutresna Jawa...