Merajut Silaturahmi Lewat Berorganisasi

Merajut Silaturahmi Lewat Organisasi.


Silaturahmi sudah menjadi budaya bahkan sudah menjadi syariat dalam kehidupan umat islam. Hal ini sesuai dengan Hadits Nabi, Diriwayatkan :
Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda : ”Bagi siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menjalin hubungan silaturrahim.” (HR. Muttafaq Alaih)
Namun demikian realitanya belum dilakukan secara maksimal walaupun secara manfaat sudah jelas tahu. Hal ini ada beberapa faktor yg mungkin belum dipahami secara lebih mendalam. Jangankan silaturahmi secara umum yg tidak setiap tahun dilaksanakan, sesama saudara saja yg setiap bulan ketemu kadang tidak pernah tahu kalaupun tahu hanya sebatas kata orang bahwa si fulan masih saudara, kenyataanya silaturahmi tidak pernah dilakukan.
Kini saatnya yg paling tepat untuk merajut kembali makna serta manfaat silaturahmi, pelan tapi pasti kita tumbuh kembangkan melalui berorganisasi. Alhamdulillah sekarang sudah ada  wadah yg bernama komunitas KURMA semoga melalui komunitas ini khususnya generasi muda bisa saling bersilaturahmi menjalin hubungan baik, mempererat persudaraan, menyatukan rasa kebersamaan serta pastinya memperbanyak pahala. Sebagai generasi penerus bagi para orang tua kita sudah selayaknya budaya dan kebiasaan leluhur kita tetap harus diuri-uri (dihidup-hidupkan) agar generasi muda tidak kehilangan obor (arah). Tidak hanya diuri-uri saja, lebih dari itu harus bisa ditumbuh kembangkan walaupun mungkin berbeda format (bentuk) mengingat sudah berbeda jaman. Namun prinsip silaturahmi tetap tidak boleh surut mengingat itu sudah dianjurkan dalam beragama.
 Mewujudkan silaturahmi dengan berorganisasi itu banyak resikonya tetapi itu merupakan keharusan kalau kita menginginkan berbagai macam kebaikan. Ibarat suatu rumus populasi penduduk, kalau kita bersilaturahmi lewat individu/personal pahalanya seperti Rumus Deret Hitung : 1-2-3-4-5 dst. Artinya dalam lima kali sulaturahmi hasilnya cuman sampai pada nilai 5.
Tetapi bila kita bersilaturahmi melalui organisasi/komunitas pahalanya seperti Rumus Deret Ukur : 1-2-4-8-16 dst. Artinya dalam lima kali bersilaturahmi hasilnya bisa sampai 16.
Inilah sekedar gambaran pentingnya merajut silaturahmi lewat organisasi.
Salam inspirasi untuk semua generasi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELACAKAN PENANGGALAN JAWA

Penanggalan Online Ki-demang.com : Sutresna Jawa...