Roda Kehidupan Tetap Berputar


Roda Kehidupan Tetap Berputar

Ujian dan cobaan silih berganti, sebelum wabah Corona, sekitar tahun 2000 ada wabah Flu burung disusul wabah Antrak. Bahkan konon sejak jaman hidup para Nabi dahulu juga namanya wabah penyakit sudah ada. Sebagai manusia tentu tetap waspada disamping juga wajib berupaya mencegah dan mengobati agar tetap bisa bertahan hidup.
Berbeda jaman tentu berbeda situasi dan kondisi baik dalam penanganan maupun dalam pemberitaan. Jikalau wabah yg terjadi di jaman hidup para Nabi katakan ada wabah yg melanda di jazirah Arab pemberitaan tidak akan sampai ke negara yg jauh seperti Indonesia. Kalaupun ada yg mendengar itu terbatas hanya orang2 tertentu dan  beritanya tidak sesanter seperti jaman sekarang. Kita bisa mendengar dan banyak tahu hanya dari Kitab Agama dan Kitab sejarah kisah para Nabi. Itupun terbatas bagi para penikmat Kitab2 terutama par tokoh agama, sisanya kebanyakan sekedar tahu dari cerita2 para tokoh agama seperti Kyai, Ustazd, Ulama serta Guru Agama di sekolah.
Berbeda sekali dengan sekarang dimana setiap peristiwa maupun kejadian dibelahan dunia manapun katakan saat ini ada kejadian, saat ini pula kita bisa mengetahuinya sekaligus bisa mengantisipasi agar tetap bisa selamat dari wabah yg tengah melanda dunia. Kenapa demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan pola pikir manusia semakin maju terutama dibidang  Sains  dan Teknologi serta perubahan pola hidup manusia itu sendiri semakin luar biasa. Jadi yg perlu digaris bawahi dalam hal ini adalah ujian dan cobaan berupa wabah penyakit bukan hanya terjadi di jaman sekarang saja tetapi sudah sejak jaman hidup para utusan Alloh Swt itu sudah ada. Yg membedakan hanyalah situasi dan kondisi perkembangan pola pikir dan pola hidup manusia. Harapannya dengan adanya ujian dan cobaan ini kita tidak perlu khawatir secara berlebihan karena dengan kekhawatiran yg berlebihan justeru kita bisa menjadi sindroma akan wabah penyakit yg selalu melanda manusia, semementara roda kehidupan harus tetap berputar. Terpenting kita tetap waspada dan selalu menjaga kebersihan setiap saat dimana dan kapan saja. Mungkin bagi muslim sudah diwajibkan melalui ibadah sholat lima waktu yg sebelumnya wajib didahului dengan bersuci atau berwudhu, dengan berwudhu sebagian tubuh kita dalam kondisi bersih, ini adalah salah satu pencegahan dari segala penyakit.
Salam inspirasi dan yakinlah bahwa Alloh Swt sebaik-baik pemberi ujian/cobaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELACAKAN PENANGGALAN JAWA

Penanggalan Online Ki-demang.com : Sutresna Jawa...